Apa itu Microsite dan Bagaimana Ini Dapat Membantu Bisnis Saya?


Dunia bisnis saat ini lebih kompetitif dari sebelumnya, berkat munculnya era digital. Konsumen memiliki akses ke ribuan opsi, secara harfiah di ujung jari mereka dan dengan pencarian sederhana, pengguna dapat menemukan bisnis untuk memenuhi kebutuhan produk atau layanan mereka. Bagi para pemasar, ini menghadirkan peluang besar dan tanggung jawab besar, karena perusahaan harus melakukan segala daya untuk membuat bisnis mereka mudah ditemukan dan untuk menggambarkan bagaimana mereka menonjol dari persaingan.


Microsites hanyalah salah satu alat pemasaran yang dapat dimanfaatkan oleh para ahli untuk membuat merek menonjol dari kerumunan. Pelajari apa yang mendorong proyek optimisasi mesin pencari (SEO) ini dan bagaimana cara membuatnya bekerja untuk bisnis Anda.


Apa itu Microsite?


Mikro adalah persis seperti apa bunyinya - ini adalah sedikit konten bermerek yang ada di luar beranda perusahaan Anda. Microsites tinggal di URL terpisah dari situs web Anda tetapi melayani tujuan penting untuk upaya pemasaran perusahaan Anda. Beberapa contoh microsites meliputi:


  • Blog Microsites: Ini adalah proyek blog khusus yang menunjukkan pengetahuan bisnis dan pemikiran kepemimpinan Anda. Mereka menggemakan citra merek dasar Anda tetapi tinggal di URL yang berbeda dari beranda Anda.

  • Infographic Microsites: Infografis dapat berfungsi sebagai microsites, selama berfungsi di luar navigasi utama situs web Anda. Ini berfungsi sebagai cara menarik untuk membawa perhatian pada masalah atau topik yang relevan dalam industri Anda.

  • Micrositus Game Bermerek: Beberapa microsites memanfaatkan "gamification" pemasaran baru-baru ini. Jika citra merek Anda menyenangkan, penuh petualangan, atau suka bermain, Anda mungkin dapat membuat game yang mendorong upaya pemasaran Anda saat ini.

  • Kampanye Pemasaran Microsites: Microsites berbasis kampanye dapat berfungsi sebagai hub pusat untuk upaya pemasaran tertentu, seperti penjualan.

Mengapa Membuat Microsite?


Ada beberapa alasan perusahaan mungkin berinvestasi dalam microsite. Untuk satu, microsites memberi Anda kesempatan untuk melangkah keluar dari kotak Anda dan sedikit bermain dengan strategi branding dan pemasaran. Meskipun standardisasi di situs web Anda saat ini membuat pengguna Anda merasa nyaman (semua orang suka dapat menemukan apa yang kami cari dengan cepat dan efisien), itu juga membatasi kemampuan Anda untuk bereksperimen dan berkreasi. Sebuah microsite memberi Anda jalan keluar untuk kreativitas ini dan dapat membantu Anda mencapai sasaran bisnis lainnya, seperti:


  • Mencapai target pemirsa baru,

  • Menciptakan kesadaran merek, khususnya dalam kampanye tertentu, dan

  • Membina tindakan pengguna baru, seperti mendaftar untuk daftar langganan email.

Jika Anda membuat microsite dengan benar dan memasarkannya secara efektif, itu memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan Anda. Beberapa manfaat ini termasuk:


1. Kesadaran Merek


Microsites adalah cara efektif untuk berbagi elemen dari merek Anda. Misalnya, microsite yang didedikasikan untuk peluncuran produk baru dapat terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran pelanggan Anda terhadap produk dan nilai yang dapat diberikan kepada mereka.


Sebagian besar profesional pemasaran tahu bahwa membangun kesadaran merek adalah kunci langkah pertama dalam menutup penjualan. Ketika konsumen menjadi semakin cerdas - membutuhkan penelitian dan membaca ulasan sebelum membuat keputusan pembelian - kehadiran merek Anda lebih penting dari sebelumnya untuk mendorong pertumbuhan.


2. Peningkatan SEO


Praktek SEO Anda masih merupakan bagian integral dari strategi pemasaran Anda. Untuk mendapatkan peringkat tinggi di penelusuran Google, Anda harus memiliki situs web yang mudah digunakan, selain konten yang dioptimalkan untuk pencarian.


Microsites yang tepat cenderung mengalami lebih banyak bagian di seluruh web, yang dapat menjadi aset yang sangat kuat bagi upaya SEO Anda. Bergantung pada microsite Anda - apakah itu game, infografis, atau bahkan blog - pengguna Anda dapat membagikannya di jaringan media sosial mereka dan meningkatkan keberadaan online Anda. Proses ini - disebut membangun tautan - memiliki efek yang kuat pada SEO Anda.


Beberapa perusahaan memilih untuk membuat microsites berdasarkan riset kata kunci. Dengan memasukkan kata kunci yang sangat bertarget ini dan membuat backlink ke situs asli Anda, Anda dapat meningkatkan SEO perusahaan Anda secara drastis dan lebih cemerlang dari pesaing Anda.


3. Keterlibatan Pelanggan yang Lebih Baik


Seharusnya tidak mengejutkan bahwa pelanggan yang terlibat adalah pelanggan yang lebih baik. Mereka lebih antusias tentang merek Anda, yang berarti mereka tidak hanya lebih cenderung melakukan pembelian, tetapi mereka juga lebih mungkin untuk berpartisipasi dalam pemasaran dari mulut ke mulut mereka sendiri. Jika Anda dapat menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan interaktif pada microsite, kemungkinan pelanggan Anda akan memberi tahu teman-teman mereka tentang pengalaman mereka. Ini berfungsi untuk menghasilkan lebih banyak prospek sekaligus meningkatkan kepuasan dan keterlibatan pelanggan Anda saat ini.


Hubungi DestraWeb Web Design Kediri tentang Microsites untuk Kehadiran Web Anda


Microsites mungkin proyek kecil, tetapi mereka kampanye kuat yang melayani beberapa tujuan berbeda. Mereka meningkatkan SEO Anda dan mendorong loyalitas merek sambil menghasilkan prospek baru dan kegembiraan tentang merek Anda. Di sisi lain, proyek-proyek ini sering membutuhkan bantuan desain web profesional dan tim pengembangan. Eksekusi yang tidak tepat dapat menghabiskan waktu dan uang Anda, tanpa mengumpulkan hasil yang diinginkan. Temukan mitra dengan pengalaman dalam proyek-proyek ini - jangan coba untuk menyiapkannya sendiri. Bekerja dengan tim desain web profesional untuk membuat microsite berkualitas tinggi yang akan mendorong upaya pemasaran Anda ke depan.





DestraWeb Web DesignKami membuat website yang berorientasi pada tujuan anda, mobile friendly, dengan desain yang sesuai dengan karakter personal maupun produk dan perusahaan Anda. Melayani jasa pengembangan situs web, pengembangan aplikasi webOptimasi mesin pencaripengembangan back-end seluler, dan DIGITAL MARKETING SERVICESHubungi Kami !!!